Kami siap membantu kesulitan belajar Matematika dan Fisika anda

Sabtu, 18 Desember 2010

Bagaimana Belajar Ma-Sika yang baik?

Banyak siswa yang belum menyadari bagaimana cara belajar Matematika-Fisika yang benar, padahal Matematika-Fisika senantiasa dijumpai setiap siswa dalam kehidupan sehari-hari. Karena kurang menyadari bahwa Matematika-Fisika begitu dekat dengan kita, maka yang terjadi siswa kurang berprestasi dalam belajarnya. Parahnya lagi siswa benci terhadap pelajaran Ma-Sika. Bagi kalian yang  ingin sukses dan berprestasi dalam belajar Ma-Sika cobalah lakukan  langkah-langkah berikut ini :
1. Senangi Pelajaran Ma-Sika
Perasaan senang akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk belajar. Belajar Ma-Sika tanpa dilandasi rasa senang maka dalam diri kita akan timbul gaya tolak terhadap ilmu yang akan masuk, sehingga berapapun lama kita belajar maka kita tidak akan pandai Ma-Sika.<span class="fullpost">

2. Katakan "Ma-Sika itu mudah"
dengan berkata Ma-Sika mudah akan memberi sugesti 50 % untuk sukses. Bila kita berprasangka kalau Ma-Sika itu sulit, maka kita akan menemukan kebenaran bahwa Ma-Sika itu sulit, tetapi bila kita berprasangka bahwa Ma-Sika itu mudah, maka insya Alloh kita akan menemukan kebenaran bahwa Ma-Sika itu mudah.
3. Jangan membenci guru Ma-Sika-mu
benci terhadap guru Ma-Sika akan berimbas pada benci juga pada pelajarannya. Bagaimana kita akan bersemangat belajar Matematika-Fisika kalau lihat gurunya saja sudah tidak suka?
4. Rumus  Ma-Sika jangan dihafal, tetapi harus hafal
Usahakan hafal rumus Ma-Sika didapat karena seringnya menggunakan rumus tersebut untuk mengerjakan soal. Banyak siswa yang hafal rumus Ma-Sika karena menghafalkan, maka ketika ulangan dia tidak dapat menggunakan rumus itu untuk menyelesaikan soal tersebut.
5.T eliti dalam memahami soal
Banyak konsep Ma-Sika yang tersirat dalam soal, dan kita tidak menyadarinya, sehingga sering tejadi perasaan siswa benar dalam mengerjakan soal tetapi nyatanya salah.
6. Selesaikan soal Ma-Sika dengan "Smart"
Ibarat kita akan pergi ke suatu daerah, maka banyak jalan menuju ke daerah tersebut. Demikian juga banyak cara untuk dapat menyelesaikan soal Matematika-Fisika, maka pilihlah cara yang terpendek untuk menyelesaikannya, tanpa meninggalkan konsep awalnya 
</span>

6 komentar:

  1. add notes:jika mau belajar ma-sika tanamkan "mindset"positif dahulu bahwa ma-sika itu menarik,tampilkan pembelajaran yg menarik n komunikatif..

    BalasHapus
  2. aku belum ngerti apa masika pak ?
    hehehe

    BalasHapus
  3. Masika singkatan dari Matematika-Fisika....okey?

    BalasHapus